Minggu, 22 Januari 2012

Crocs Corner

Hmmm,, ga kebayang di aku.. Jadi juga punya bandflatnya Crocs. Padahal dulu aku paling ga suka sama model-modelnya. Tapi waktu praktek di RS,, pas banget sama musim ujan.. Jadi deh aku cari-cari flat ato fitlop (gitu yah tulisannya).. Selain karena bahannya nyaman dipake,, trus bahanya karet gitu jadi ga nyerap air alias abis basah bisa di lap. Hehe.. Awalnya liat-liat onlineshop di facebook yang menjamur kayak bom molotov. Trus diikutin temen-temen banyak yang pake. Warnanya sic bagus. Colorfull juga.. Akhirnya entah kenapa malah temen-temen juga jualan alias jd reseller. Harganya juga bervariasi. Mulai dari 85.000 sampai 200.000.. Hmm,,, akhirnya adekku yang bawa 6 pasang flitlopnya ke rumah.. Ehh,, jd tertarik trus pengen jual. Hiihi.. Jadi, kalo mo beli hubungi aku ya.. Oya,, ini nih aku kasih foto-fotonya biar pada jelasss. :)



Malindi cuma 95.000
Hubungi : 083114025264
 

Jumat, 20 Januari 2012

Agar Rambut Cepat Panjang


Beberapa perempuan mengalami kesulitan dalam memanjangkan rambutnya. Tak jarang, cara cepat seperti 'sambung rambut' (hair extension) menjadi pilihan. Padahal, menyambung rambut dapat membuat akar rambut menjadi rapuh sehingga timbul masalah kerontokan.

Daripada menambah masalah baru, lebih baik gunakan cara alami untuk membuat rambut lekas panjang. berikut 7 langkah jitu yang dikutip dari Carefair.

  1. Vitamin: Vitamin dibutuhkan seluruh bagian tubuh termasuk rambut. Jika vitamin yang Anda konsumsi kurang, maka dengan sendirinya, nutrisi yang diterima rambut pun tidak cukup. Jika nutrisi yang diterima kurang, maka akar rambut akan menjadi rapuh. Volume rambut pun semakin menipis. Hal tersebut membuatnya sulit tumbuh. Jika perlu, konsumsi multivitamin tambahan untuk melengkapi kebutuhan Anda. Menggunakan vitamin rambut khusus juga bisa menjadi jalan keluar yang baik.
  2. Periksa ujung rambut: Jangan lupa untuk memeriksa ujung rambut Anda secara rutin. Cabang dan kekeringan di ujung rambut juga menjadi salah satu penyebab rambut sulit panjang. Tak ada salahnya untuk memotong ujung rambut Anda sepanjang 1-2 cm secara rutin setiap bulannya (trimmed). Hal ini juga bisa membuat keindahan rambut terjaga.
  3. Atasi ketombe: Ketombe merupakan salah satu masalah yang umum dialami. Timbulnya ketombe di kulit kepala juga akan membuat rambut rapuh dan rontok. Jadi jika ketombe muncul, jangan sepelekan. Gunakan shampo khusus untuk mengatasinya. Jika ketombe yang muncul semakin parah, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter kulit.
  4. Perlancar aliran darah di kulit kepala: Kurangnya nutrisi di rambut bisa jadi karena aliran darah di kepala yang tidak lancar. Perawatan seperti creambath (memijat kulit kepala) dapat membuat aliran darah di kepala menjadi lancar. Jika tidak sempat ke salon, sempatkan waktu untuk keramas lebih lama. Pijat kepala Anda dari pangkal dahi hingga ge belakang. Jangan memijatnya terlalu keras. 
  5. Cara menyisir : Cara menyisir rambut juga harus diperhatikan. Cara menyisir rambut yang salah dapat membuat rambut patah dan rusak. Setelah keramas, jangan menyisir rambut dengan sisir sikat, karena akan membuatnya patah. Pilihlah sisir garpu dengan jari-jari yang jarang. Rapihkan kembali rambut Anda ketika kering.
  6. Jaga kebersihannya : Malas keramas akan membuat rambut Anda sulit panjang. Di dalam shampo juga terdapat nutrisi yang diperlukan rambut untuk tumbuh. Selain itu, membiarkan kotoran menempel di kulit kepala akan membuat rambut rusak. Minimal keramaslah dua hari sekali, agar kelembaban kulit kepala tetap terjaga.
  7. Hilangkan stres : Stres yang Anda alami juga berpengaruh pada kesehatan akar rambut. Metabolisme tubuh yang kacau karena stres akan membuat kesehatan rambut terganggu. Tak ada salahnya untuk rileks dan bersantai sejenak. Lupakan pikiran dan beban yang Anda alami. Ke salon dan melakukan perawatan rambut dan tubuh juga bisa menjadi jalan keluar Anda untuk mengatasi stres hilang. Rambut dan tubuh makin cantik, stres Anda pun hilang. 

6 Makanan Penting Untuk Kulit Lebih Cerah


1. Jeruk
Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.


2. Sayuran berwarna merah dan hijau
Bayam, wortel, brokoli, dan kawan-kawannya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawa, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.



3. Ikan
Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.



4. Alpukat
Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.



5. Gandum
Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.



6. Minyak zaitun
Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.

Kamis, 19 Januari 2012

Aneka Produk Bali Ratih

Cuma Rp 25.000 loh... :) Buruan deh cobain aroma lembutnya..
Tersedia dalam aroma :
1. Strawberry
2. Cokelat
3. White Rose
4. White Musk
5. Mangga
6. Kopi
7. Orange
8. Milk
9. Chamomile
10. Olive
11. Avocado
12. Cherry
13. Almond Nut
14. Green Tea
15. Lavender
16. Apple
Hubungi aku di 083114025264 :)

















Ngakak :D



  1. Dari seorang temenku yang cerita sambil ngakak. Nyata lohh..


Suatu hari Dr.T  kedatangan seorang pasien yang mengeluh sakit pada anusnya. Setelah diperiksa ternyata    pasien menderita ambien. Lalu dokter memberi obat.
Dr.T : Bapak, ini ada obat untuk ambien bapak. Masukkan pada dubur ya.. (berkata dengan kurang jelas) Nanti 1 minggu lagi bapak kembali lagi kesini ya..


Pasien : Baik pak..
1 minggu berlalu...


Dr.T : Bagaimana pak? Apakan ambiennya sudah sembuh?
Pasien : Belum pak..


Dr.T : Lho, kok bisa ya? Biasanya setelah diberi obat 3 hari saja sudah sembuh.. (sambil berfikir keras)


Pasien : Dok, saya nggak mau obat itu lagi. Rasanya pahit sekali... (kesal)


Dr.T : Hah..?!! Maksud bapak apa??? (bingung)


Pasien : Lho,, waktu itu dokter nyuruh masukkan obat itu ke dalam bubur.. Rasanya pahit.. Sudah beberapa hari saya mencobanya, Dok..


Dr.T : (sambil geleng-geleng kepala) Pak, maksud saya masukkan ke Dubur bukan di Bubur.. Gimana sih pak.. Ya udah, saya kasih resep lagi. Ingat masukkan di Dubur..


Dokter membuat resep sambil senyum-senyum.. :D

Penglipuran, Kintamani, Bangli












Rabu, 18 Januari 2012

Jalan-Jalan Pake Sarbagita ke Nusa Dua :)



Sempet foto sebelum diangkut bus :D


Di dalem bus tetep eksis :D


At WaterBlow Nusa Dua

Soal Integumen


UJIAN  AKHIR  SEMESTER GENAP
TAHUN AJARAN 2008/2009


Mata Kuliah      :   Sistem Integumen
Hari/ Tanggal    :  Senin / 20 April  2009
Waktu                :  11.00 -13.30 wita
Kelas                 :  
Semester           :  2 ( Dua )


Pilihlah salah satu jawaban yang benar dibawah ini!
1.       Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar:
  1. Dalam pemeriksaan kulit tidak memerlukan pemeriksaan seluruh tubuh karena dianggap kurang etis
  2. Jarak pandang diperlukan sangat dekat
  3. Tidak perlu diraba karena dapat menularkan penyakit
  4. Perlu dilakukan pemeriksaan kuku,mukosa,rambut dan saraf tepi

2.    Dalam mendiagnosis kelainan kulit diperlukan beberapa hal yang penting:
  1. Penerangan baik,bila perlu pakai lampu TL,periksa secara keseluruhan ,pemeriksaan mukosa
  2. Alat bantu yang dipakai : Lampu Wood′s,dermoskopi,fotografi,diaskopi,lensa pembesar tidak diperlukan apabila penglihatan pemeriksaan masih baik
  3. Dalam status dermatologi  diperlukan apabila penglihatan pemeriksa masih baik
  4. Pada prinsipnya efloresensi primer dan sekunder

3.       Efloresensi pada penyakit kulit ditentukan oleh:
  1. Vaskularisasi,melanosit
  2. Genetik
  3. Vaskularisasi,melanosit,dan genetik
  4. Perubahan akibat sinar matahari

4.       Yang termasuk efloresensi primer adalah
  1. Makula ,vesikel,skuama
  2. Bula,krusta,ulkus
  3. Makula,bula,vesikel
  4. Vesikel,Skuama,krusta

  1. Pemerikasaan mikroskopis rambut adalah:
  1. Perhatikan ujung distal rambut
  2. Perhatikan ujung proksimal rambut
  3. Trichrogram
  4. Hair pull test

  1. Ciri-ciri penyakit dermatitis akut adalah:
  1. Eritema,edema,eksudat mengering
  2. Vesikel,hiperpigmentasi,likenifikasi
  3. Eritema,edema,vesikel atau bula,erosi dan ekskoriasi,lesi basah
  4. Eritema berkurang,menjadi krusta

  1. Berikut ini tentang dermatitis kontak alergi
  1. Penyebabnya adalh minyak pelumas,asam,alkali
  2. Gejala pada fase kronis adalah kulit kering,eritema,skuama,likenifikasi
  3. Terjadi segera setelah kontak
  4. Gejala pada fase akut adalah kulit pedih,pansa,eritema,vesikel/bula

  1. Gambaran klinis penyakit Herpes Zooster adalah:
  1. vesikel berkelompok diatas kulit eritema dan edema,sesuai dermatom
  2. Papul eritema,vesikel berbentuk seperti tetesan air,pustul,krusta
  3. Erupsi makulo-papul pada kulit sementara
  4. Edema,purpura,hemosiderosis,hiperpigmentasi difus

  1. Patogenesis terjadinya akne vulgaris :
  1. Deskuamasi keratinosit dalam unit ekrin ,peningkatan produksi sebum
  2. Deskuamasi keratinosit dalam unit pilosebesea,proliferasi P.Acnes dan piococcus lainnya
  3. Deskuamasi keratinosit, proliferasi P. Acnes,peningkatan produksi sebum dan inflamasi
  4. Deskuamasi,proliferasi glandula sel sebasea dan inflamasi

  1. Pernyataan di bawah ini benar untuk akne vulgaris:
  1. Disebabkan oleh genetik ,hormonal,kosmetik,stress
  2. Pemakaian kosmetik yang murah
  3. Tidak berhubungan dengan pemakain kosmetik
  4. Dalam perawatannya harusd dilakukan facial di salon kosmetik

  1. Yang tidak terdapat padavarisela adalah:
  1. Pada umumnya di dahului panas badan
  2. Lesi monomorfis
  3. Dapat ditularkan melaui droplet
  4. Komplikasi paling sering adalah infeksi sekunder oleh bakteri

  1. Yang tidak terdapat padaSSSS adalah
  1. Pengelupasan kulit yang luas
  2. Sering pada anak-anak
  3. Pada lesi kulit ditemukan stafilokokus
  4. Disebabkan oleh toksin stafilokokus

  1. Gambaran klinis yang tidak sesuai dengan penyakit varisela adalah:
  1. Efloresensi monomorfi
  2. Vesikel seperti tetesan embun
  3. Komplikasi penyakit varisela jarang
  4. Efloresensi polimorfis

  1. Hal dibawah ini yang tidak sesuai dengan dermatitis atopik:
  1. Dibedakan menjadi bentuk infantil ,anak dan dewasa
  2. 70% penderita dengan stigmata atopi
  3. Terdapat peningkatan IgE dalam serum
  4. Bila terjadi pada anak-anak,klinis tampak kulit menebal
  
  1. a. Pada dermatitis kontak alergi :
  1. Lesi dapat timbul saat pertama kali terpapar alergan
  2. Beratnya lesi tergantung pada konsentrasi bahan
  3. Penyebaran lesi dapat jauh dari tempat kontak
  4. Terjadi pada semua orang

  1. 17. Pada orang dewasa pemberian asiklovir pada penyakit herpes simplek adalah sbb:
  1. 5x200 mg diberikan selama 5 hari
  2. 5x400 mg selama 5 hari
  3. 5x800 mg selama 5 hari
  4. 5x100mg selama 5 hari

  1. Hal dibawah ini sesuai dengan dermatitis akut,diberikan kompres
  1. Nacl 0,9 % dan Rivanol
  2. PK 1: 5000.
  3. NaCl 0,9 % dan PK 1;10.000.
  4. Rivanol dan betadin bila ada infeksi sekunder

  1. Dermatitis  numularis penyebab tidak banyak diketahui ,diagnosis dapat ditegakan berdasarkan:
  1. Hanya berdasarkan lesi bentuk mata uang ,batas tegas.
  2. Papolovesikel.oozing yang sulit dibedakan dengan dermatitis stasis
  3. Tidak berhubungan dengan staphylococcus
  4. Lesi bentuk mata uang,batas tegas berhubungan dengan staphylococcus dan mikroooorganisme pada lesi

  1. penyakit morbili melalui fase prodormal dengan gejala:
  1. Demam,gejala saluran nafas bagian atas
  2. Demam akan menurun bila lesi muncul dan bertambah demam apabila lesi bertambah banyak
  3. Untuk mengatasi demam hanya dapat diberikan kompres dindin
  4. Gejala prodromal pada morbili dapat dapat mernimbulkan kejang demam bagi yang sensitif terhadap panas

  1. Pioderma merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri piokokus,berikut adalah benar pernyataan pioderma:
  1. etiologi :  Staphylococcus aureus dan Steptococcus B Hemolyticus
  2. Predisposisinya adlah daya tahan munurun seperti DM dan demam Berdarah
  3. Higiene kurang,daya ekonomi lemah penyakit lain sebelumnya di kulit
  4. Dalam penanganannya diberikan hanya antibiotika topikal

  1. Infeksi Gonoro pada wanita memberikan gejala klinis sebagai berikut:L
  1. selalu Mengeluarkan duh tubuh purulen
  2. umumya penderita datang dengan keluhan nyeri pinggang sisertai duh tubuh purulen
  3. sering bersifat asimptomatis dan bila ada komplikasi disertai nyeri perut bagian bawah
  4. semau wanita memberikan gejala yang sama

  1. Dalam penangan infeksi gonore adalah sebagai berikut:
  1. obat yang diberikan adalah harus injeksi kanamicin karena bersifat akut
  2. Selain mengfobati penderita dan partner juga harus diobati
  3. Pengobatan gonore sangat mudah dan murah sehingga obat dapat dibeli sendiri untuk managgulangi nyeri
  4. Semua petugas kesehatan dan apotekar dapat memberikan pengobatan sesuai dengan obat pilihan

  1. Dalam menangani penderita penyakit kelamin khususnya Gonore perlu diberikan konseling sebagai berikut:
  1. segera membeli obat jika mengeluarkan duh tubuh purulen dari kelamin
  2. penderita harus diberikan pengarahan agar takut terhadap penyakit tersebut
  3. Menanyakan partner penderita dalam rangka mengetahui identitas partner secara pribadi
  4. Tidak dianjurkan untuk membeli obat sendiri tanpa resep dokter

  1. penyakit sfilis sangat populer di masyarakat,oleh karena penyakit ini merupakan penyakit kelamin yang sesuai sebagai berikut:
  1. ditularkan hanya melalui hubungan seksual
  2. Selain hubungan seksual dapat juga ditularkan melalui tranfusi darah terutama untuk sifilis sekunder
  3. Saat lesi timbul penderita mengeluh sangat nyeri disertai luka pada kemaluan
  4. Ulkus dapat multipel,indolen dan indurasi

  1. Kiata mengenal dua tipe dermatitis kontak yaotu dermatitis kontak iritan dan dermatitis kontak alergi. Pada dermatitis kontak alergi terdapat:
  1. dapat mengenai semua orang
  2. pada fase elisitasi dapat terjadi rasa gatal pada bagian tubuh lain dan tidak terasa gatal
  3. Dibandingkan denagn dermatitis kontak iritan memerlukan waktu lebih lama untuk terjadinya lesi
  4. Dalam penanganan sebaiknya diberikan anthihistamin dan antibiotika

  1. Basalioma merupakan tomor kulit yang sesuai dengan pernyataan dibawah ini:
  1. Berasal dari sel melanosit
  2. Merupakan kanker kulit paling ganas
  3. Gambaran klasik berupa ulkus rodent
  4. Cepat metastase ke tempat yang jauh

27kulit merupakn organ mempunyai peran penting diantaranya adalah :
  1. Barier permeabilitas,proteksi dari patogen,termogulasi,sensasi,proteksi UV,regenerasi, dan tampilan fisik
  2. Fungsi yang terpenting adalah termogulator karena dapat mempertahankan suhu tubuh optimal
  3. Kebanyakan masyarakat umum lebih mengetahui kulit berperasn sebagai tampilan fisik dan hal tersebut memang benar adanya
  4. Kulit berperan dalam melindungi tubuh dari paparan sianr matahari sehingga orang pasti dari tumor yang disebabkan dari sinar matahari

28.   Dalam mekanisme termogulasi manusia mampu menjaga suhu internal tubuh dalam rentang optimal 37 derajat celcius dengan cara:
  1. Vasodilatasi bila musim panas maupun dingin
  2. Vasokontriksi bila suhu lingkungan naik maupun dingin
  3. Vasodilatasi bila suhu turun dan vasokontriksi bila suhu naik
  4. Vasodilatasi bila suhu lingkungan naik dan vasokontriksi bila suhu lingkungan turun

29.   penatalaksanaan ulkus yang benar adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan tekanan
  2. Kurangi faktor resiko seperti dengan perawatan yang berkesinambungan ,pertimbangan pembedahan
  3. Rawat luka dan harus dilakukan pembedahan
  4. Prognosis ditentukan oleh sosial ekonomi


30.   Yang bukan termasuk proses penyembuhan luka adalah :
  1. Proses penyembuhan luka tergantung pada tipe jaringan yang rusak dan cara terjadinya luka
  2. Fasenya terdiri dari: fase inflamasi,fase proliferasi,fase remodelling atau maturasiu
  3. Terjadi mulai hari 1-5
  4. Proses dimulai sejak terjadi trauma –proses pembentukan clot cascada dimulai

31.   Cara penyembuhan luka ada tiga klasifikasi yaitu:
  1. Sembuh dengan primary intention yaitu proses penyembuhan di mulai dari lapisan dalam kemududain bagian luar
  2. Sembuh dengan secondary Intentionsecondary Intention maka proses penyembuhan dimulai dengan pembentukan jaringan granulasi pada dasar dan dinding luka karena tidak ada jaringan hilang.
  3. Delayed primary healing jika resiko infeksi tinggi ,pasien diberikan antibiotika dan segera dilakukan penutupan
  4. Semua benar

32.   Yang bukan faktor resiko terjadinya skuamus sel karsinoma adalah :
  1. perokok
  2. Tar arsenic
  3. Kulit putih dan paparan sinar
  4. Semua benar

33.   Berikut  adalah bukan merupakan sifat dari basal sel karsinoma:
  1. Ada kecendrungan genetik
  2. Semua basal sel karsinoma mempunyai bentuk yang sama
  3. Paling baik dengan tindakan operasi bedah MOHC
  4. Dapat juga dengan pengobatan topical

34.   Yang bukan tanda-tanda melanoma maligna adalah:
  1. Biasanya asimetris
  2. Tapi tidak teratur tetapi warna homogen
  3. Diameternya lebih dari 6mm
  4. Bersifat ganas

35.   Faktor resiko dari melanoma maligna adalah:
  1. tidak tergantung dari jumlah andeng-andeng yang ada
  2. Orang yang memiliki andeng –andeng > 50
  3. Tidak ada faktor keturunan
  4. Mengenai orang dengan proses taning yang baik

KATETERISASI URINE PADA WANITA



1.   Pengertian
Memasukkan selang karet atau plastik melalui uretra dan kedalam kandung kemih
2.   Tujuan
a.    Menghilangkan distensi kandung kemih
b.   Mendapatkan spesimen urine
c.    Mengkaji jumlah residu urine, jika kandung kemih tidak mampu sepenuhnya dikosongkan
3.   Persiapan
a.   Perasiapan pasien
1)   Mengucapkan salam terapeutik
2)   Memperkenalkan diri
3)   Menjelaskan pada klien dan keluarga tentang prosedur dan tujuan  tindakan yang akan dilaksanakan.
4)   Penjelasan yang disampaikan dimengerti klien/keluarganya
5)   Selama komunikasi digunakan bahasa yang jelas, sistematis serta tidak mengancam.
6)   Klien/keluarga diberi kesempatan bertanya untuk klarifikasi
7)   Privacy klien selama komunikasi dihargai.
8)   Memperlihatkan kesabaran , penuh empati, sopan, dan perhatian serta respek selama berkomunikasi dan melakukan tindakan
9)   Membuat kontrak (waktu, tempat dan tindakan yang akan dilakukan)
b.   Persiapan alat
1)       Bak instrumen berisi :
a) Poly kateter sesuai ukuran 1 buah
b)Urine bag steril 1 buah
c) Pinset anatomi 2 buah
d) Duk steril
e) Kassa steril yang diberi jelly
2)       Sarung tangan steril
3)       Kapas sublimat  dalam kom tertutup
4)       Perlak dan pengalasnya 1 buah
5)       sampiran
6)       Cairan aquades atau  Nacl
7)       Plester
8)       Gunting verband
9)       Bengkok 1 buah
10)     Korentang pada tempatnya
4.   Prosedur
a.   Pasien diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan, kemudian alat-alat didekatkan ke pasien
b.   Pasang sampiran
c.    Cuci tangan
d.   Pasang pengalas/perlak dibawah bokong klien
e.   Pakaian bagian bawah klien dikeataskan/dilepas, dengan posisi klien lithotomi (kaki ditekuk dan Kaki sedikit dibuka). Bengkok diletakkan didekat bokong klien
f.    Buka bak instrumen, pakai sarung tangan steril, pasang duk steril, lalu bersihkan alat    genitalia dengan kapas sublimat dengan menggunakan pinset.
g.   Bersihkan genitalia dengan cara : dengan tangan  nondominan perawat membuka vulva kemudian tangan kanan memegang  pinset dan mengambil satu buah kapas sublimat. Selanjutnya bersihkan labia mayora dari atas kebawah dimulai dari sebelah kiri lalu kanan, kapas dibuang dalam nierbekken, kemudian bersihkan labia minora, klitoris, dan anus. Letakkan pinset pada nierbekken
h.   Ambil kateter kemudian olesi dengan jelly. Masukkan kateter kedalam uretra kira-kira 10 cm secara perlahan-lahan dengan menggunakan pinset sampai urine keluar. Masukkan Cairan Nacl/aquades 20-30 cc atau sesuai ukuran yang tertulis. Tarik sedikit kateter. Apabila pada saat ditarik kateter terasa tertahan berarti kateter sudah masuk pada kandung kemih
i.     Lepaskan duk, sambungkan kateter dengan urine bag. Lalu ikat disisi tempat tidur
j.     Fiksasi kateter pada bagian sisi dalam paha klien
k.   Pasien dirapihkan kembali
l.     Alat dirapihkan kembali
m.  Mencuci tangan
n.   Melaksanakan dokumentasi :
1)    Catat tindakan yang dilakukan dan hasil serta respon klien pada lembar catatan klien
2)    Catat tgl dan jam melakukan tindakan dan nama perawat yang melakukan dan tanda tangan/paraf pada lembar catatan klien